Download Data Hillshade Topografi Seluruh Indonesia

Download Hillshade Seluruh Indonesia
Tampak peta sebelum dan sesudah menggunakan data hillshade

Dari gambar di atas, kamu pasti langsung paham apa yang dimaksud dengan hillshade. Ya, hillshade adalah data raster yang merupakan turunan dari data DEM, yang berfungsi memvisualisasikan tampilan peta menjadi tampak lebih hidup dengan tampilan relief sesuai kondisi asli medan di lapangan.

Data Hillshade ini berfungsi diantaranya menampilkan pada peta bentuk kondisi real medan di lapangan, meningkatkan daya tarik sekaligus meningkatkankan nilai seni peta.

Data Hillshade yang tersedia dan dapat kamu download di artikel kali ini adalah merupakan turunan dari data DEM SRTM 30m dari USGS, yang saya olah menggunakan GlobalMapper v21 dengan azimuth shadow sebesar 360 derajat. Sehingga hillshade yang dihasilkan sangat bagus, menarik, smooth dan mantap pokoknya, nanti dapat kamu buktikan sendiri.

Cara menggunakan data hillshade ini sangat mudah, cukup dengan melakukan "add data" seperti pada umumnya, kemudian pada "table of contents" letakkan hillshade tersebut di atas peta dasar nya, dan turunkan transparansi hillshade tersebut melalui "property" - "display", pada kolom opsi transparansi ketikkan angka "70%" dan "OK". Maka tampilan peta kamu akan meningkat keren secara drastis !

Untuk yang ingin mendownload hillshade ini, untuk saat ini hanya tersedia untuk seluruh Indonesia (Mosaic) dengan ukuran kapasitas memori 3 GB, jadi siapkan paket data kamu ya atau sebaiknya menggunakan wifi.
"Bang, saya butuh untuk Provinsi ****** saja? apakah ada?", mungkin nanti akan ada yang bertanya begini, dalam pengolahan data spasial, lebih baik kebanyakan daripada kekurangan. Maksudnya adalah, apabila data ini merupakan se-Indonesia, maka kamu bisa melakukan pemecahan data sesuka hati, termasuk membaginya dalam beberapa provinsi, kabupaten, kecamatan, bahkan desa. Caranya sangat mudah, dapat kamu lihat pada artikel berikut ini, Cara memotong atau menggabungkan data raster.

Buat kamu yang membutuhkan data hillshade seluruh Indonesia ini, dapat di download pada link berikut :
Hillshade Seluruh Indonesia (3 GB)

Password RAR :
www.indonesia-geospasial.com
Extract Error? Silahkan Update Aplikasi Winrar