Download Shapefile Batas DAS KLHK Seluruh Indonesia

Daerah Aliran Sungai (disingkat DAS, bahasa Inggris: drainage basin) ialah suatu kawasan yang dibatasi oleh titik-titik tinggi di mana air yang berasal dari air hujan yang jatuh, terkumpul dalam kawasan tersebut. Guna dari DAS adalah menerima, menyimpan, dan mengalirkan air hujan yang jatuh di atasnya melalui sungai.

Air Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah air yang mengalir pada suatu kawasan yang dibatasi oleh titik-titik tinggi di mana air tersebut berasal dari air hujan yang jatuh dan terkumpul dalam sistem tersebut.[1]


Peta Batas DAS di Provinsi Sumatera Barat

Air pada DAS merupakan aliran air yang mengalami siklus hidrologi secara alamiah. Selama berlangsungnya daur hidrologi, yaitu perjalanan air dari permukaan laut ke atmosfer kemudian ke permukaan tanah dan kembali lagi ke laut yang tidak pernah berhenti tersebut, air tersebut akan tertahan (sementara) di sungai, danau/waduk, dan dalam tanah sehingga akan dimanfaatkan oleh manusia atau makhluk hidup.[1]

Air hujan yang dapat mencapai permukaan tanah, sebagian akan masuk (terserap) ke dalam tanah (infiltrasi), sedangkan air yang tidak terserap ke dalam tanah akan tertampung sementara dalam cekungan-cekungan permukaan tanah (surface detention) untuk kemudian mengalir di atas permukaan tanah ke tempat yang lebih rendah (runoff), untuk selanjutnya masuk ke sungai. Air infiltrasi akan tertahan di dalam tanah oleh gaya kapiler yang selanjutnya akan membentuk kelembaban tanah. Apabila tingkat kelembaban air tanah telah cukup jenuh maka air hujan yang baru masuk ke dalam tanah akan bergerak secara lateral (horizontal) untuk selanjutnya pada tempat tertentu akan keluar lagi ke permukaan tanah (subsurface flow) yang kemudian akan mengalir ke sungai.

Batas wilayah DAS diukur dengan cara menghubungkan titik-titik tertinggi di antara wilayah aliran sungai yang satu dengan yang lain.

Nah, setelah beberapa waktu lalu, kami menutup Link download SHP Batas DAS KLHK, nah pada kesempatan ini kami akan membuka kembali akses download untuk SHP Batas DAS KLHK.

SHP Batas DAS KLHK ini bersumber dari Rest Service Webgis resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dimana rekan-rekan Mapping dapat melihatnya pada situs resminya di WEBGIS KLHK

Pada SHP Batas DAS KLHK ini, berisikan Batas DAS seluruh Indonesia dari Barat ke Timur, sesuai batas DAS yang di SK kan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pada SHP Batas DAS KLHK se-Indonesia ini dapat rekan-rekan unduh secara langsung di halaman ini dengan syarat telah membaca Syarat dan Ketentuan yang berlaku pada situs kami. 

Shapefile Batas DAS KLHK Seluruh Indonesia (29,4 Mb)


Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Daerah_aliran_sungai



Password RAR :
www.indonesia-geospasial.com
Extract Error? Silahkan Update Aplikasi Winrar