<< Download Shapefile Peta, Kelas GIS dan Tutorial, Gallery Peta, dan Kabar Terbaru Spasial Indonesia >>

DOWNLOAD CITRA SATELIT LANDSAT DAN COMPOSITE BAND



Landsat 8 adalah satelit terbaru dalam program Landsat. Kualitas data (rasio sinyal terhadap noise) dan kuantisasi radiometrik (12-bit) dari Landat 8 Operasional Imager (OLI) dan Sensor Inframerah Termal (TIRS) lebih tinggi daripada instrumen Landsat sebelumnya (8-bit untuk TM dan ETM + ). Sejak diluncurkan pada 11 Februari 2013, Landsat 8 telah memberikan beberapa gambar permukaan bumi yang benar-benar menakjubkan. Di luar keindahan mereka, gambar-gambar ini dikemas dengan informasi yang dapat dimanipulasi untuk mengekstraksi fitur dan melihat perubahan ke permukaan bumi seiring waktu. Ketika bekerja dengan citra Landsat, langkah logis pertama adalah memuat gambar ke dalam program analisis gambar dan mulai memvisualisasikan apa yang ada di dalam adegan. Sensor OLI di atas Landsat 8 memiliki sembilan Band untuk menangkap respons spektral permukaan bumi pada panjang gelombang diskrit di sepanjang spektrum elektromagnetik. Selain itu, sensor TIRS pada Landsat 8 mengumpulkan informasi pada dua panjang gelombang terpisah dalam bagian inframerah termal dari spektrum elektromagnetik. Panjang gelombang ini telah dipilih dengan cermat berdasarkan penelitian ilmiah selama bertahun-tahun.



Kamera digital standar dirancang untuk mereplikasi apa yang kita lihat dengan mata manusia, sehingga mereka menangkap cahaya hanya dalam panjang gelombang merah, hijau dan biru dan kemudian menerapkan filter merah, hijau dan biru (juga dikenal sebagai saluran) untuk panjang gelombang ini, masing-masing, yang ketika dikombinasikan menghasilkan gambar RGB yang tampak alami. Dengan gambar multispektral dari sistem sensor seperti Landsat 8, kami memiliki lebih banyak informasi untuk dikerjakan. Panjang gelombang yang berbeda dapat membantu kita membedakan beberapa fitur lebih baik daripada yang lain atau bahkan membantu kita melihat melalui fitur seperti awan atau asap. Sebagai contoh, panjang gelombang Near Infrared (NIR) adalah salah satu panjang gelombang yang paling umum digunakan pada sensor multispektral karena vegetasi sangat mencerminkan bagian spektrum elektromagnetik ini sehingga informasi ini terbukti sangat berguna ketika melakukan analisis vegetasi. The Shortwave Infrared (SWIR) di atas Landsat 8 sangat berguna untuk membedakan perbedaan pada tanah kosong dan untuk mengetahui apa yang basah dan apa yang kering dalam sebuah pemandangan. Ada banyak contoh lain dari keunggulan band yang tersedia di gambar Landsat, tetapi yang ingin saya lakukan di sini adalah hanya menunjukkan bagaimana memuat kombinasi yang berbeda dari band ini ke saluran merah, hijau dan biru membuat fitur berbeda menonjol. Saya bukan orang pertama yang melakukan ini, tetapi saya hanya berpikir saya akan menambahkan sumber daya tambahan ke web untuk menunjukkan bagaimana kombinasi band ini dapat digunakan untuk memvisualisasikan gambar Landsat 8.

4 , 3 , 2 - Natural

Kombinasi band ini sedekat "true color" seperti yang Anda dapatkan dengan gambar Landsat OLI. Satu kekurangan yang disayangkan dengan kombinasi band ini adalah bahwa band ini cenderung rentan terhadap gangguan atmosfer, sehingga kadang-kadang tampak kabur.


5, 4, 3 - Inframerah

Perhatikan bagaimana vegetasi benar-benar berwarna merah, dengan vegetasi yang lebih sehat menjadi lebih cerah. Ini juga lebih mudah untuk membedakan berbagai jenis vegetasi daripada dengan gambar warna alami. Ini adalah kombinasi band yang sangat umum digunakan dalam penginderaan jauh ketika melihat vegetasi, tanaman, dan lahan basah.

7, 5, 3 - Gambar Dengan Penetrasi Atmosfer Yang Baik

Kombinasi band ini mirip dengan kombinasi band 5, 6, 4, tetapi vegetasi muncul dalam nuansa hijau yang lebih cerah. Kombinasi band ini digunakan untuk mosaik Landsat global yang dibuat oleh NASA.

7, 6, 4 - Untuk Memvisualisasikan Lingkungan Perkotaan

Karena kombinasi band ini menggunakan kedua band SWIR di atas Landsat 8, gambarnya jauh lebih tajam daripada kombinasi band yang menggunakan band dalam panjang gelombang lebih pendek, yang lebih rentan terhadap kabut.

5, 6, 4 - Untuk Memilih Tanah Dari Air

Dalam gambar warna ini, daratan tampak dalam nuansa oranye dan hijau, es tampak menonjol sebagai warna magenta yang cerah, dan air muncul dalam nuansa biru.

6, 5, 2 - Untuk Pertanian

Kombinasi band ini bermanfaat untuk pemantauan tanaman pertanian, yang tampak hijau cerah. Bare earth muncul sebagai warna magenta dan vegetasi non-tanaman muncul sebagai nuansa hijau yang lebih lembut.


7, 5, 2 - Sering Digunakan Untuk Memvisualisasikan Bekas Kebakaran Hutan

Kombinasi band ini mirip dengan kombinasi band 6, 5, 2 yang ditunjukkan di atas, tetapi dengan mendorong lebih jauh ke rentang SWIR dari spektrum elektromagnetik, ada lebih sedikit kerentanan terhadap asap dan kabut yang dihasilkan oleh api yang menyala.


6, 3, 2 - Untuk Membedakan Perbedaan Pada Tanah Kosong/ Open Area

Kombinasi band ini baik untuk variasi variasi dalam bentang alam yang tidak mengandung banyak vegetasi. Ini bagus untuk aplikasi geologis.


5, 7, 1 - Untuk Tumbuh-tumbuhan Dan Air

Kombinasi band ini masing-masing memanfaatkan band NIR, SWIR2, dan Coastal Aerosol. Band Aerosol Pesisir adalah unik untuk Landsat 8 dan digunakan terutama untuk melacak partikel halus seperti debu dan asap, dan juga untuk mengintip ke dalam air dangkal. Dengan kombinasi warna ini, vegetasi tampak oranye.


Untuk cara memperoleh Citra Landsat & Cara composite band pada ArcGIS dapat dilihat pada video berikut :




0 Response to "DOWNLOAD CITRA SATELIT LANDSAT DAN COMPOSITE BAND"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel